“PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DASAR BAGI PEMULA”
Dosen
Pengampu : Bapak Zaidir
Disusun Oleh :
NAMA : RISNA FITRI ASTUTI
NIM : 10150009
KELAS : A.71
MATA
KULIAH : KOMPUTER
PROGRAM STUDI D-III
KEBIDANAN
FAKULTAS KESEHATAN
UNIVERSITAS RESPATI
YOGYAKARTA
2011/2012
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan
karunia-Nya tugas makalah individu tentang
“PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DASAR BAGI PEMULA” ini dapat terselesaikan
dengan tepat waktu.
Terimakasih
kepada Bapak Zaidir dosen mata kuliah KOMPUTER
yang telah membimbing saya dalam materi mata kuliah KOMPUTER dan terima
kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam memberikan masukan.
Semoga
tugas makalah individu ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kampus
Universitas Respati Yogyakarta pada khususnya dan kalangan pembaca pada
umumnya. Saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari para
pembaca.
Demikian
tugas makalah individu ini dibuat dan disampaikan kepada pihak Universitas
Respati Yogyakarta semoga bermanfaat bagi kampus pada khususnya dan kalangan pembaca
pada umumnya.
Yogyakarta,
30 Mei 2012
Penulis
RISNA
FITRI ASTUTI
NIM.
10150009
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
...................................................................................... i
DAFTAR ISI
.................................................................................................... ii
BAB I
PENDAHULUAN ................................................................................. 1
A. Latar
Belakang .................................................................................... 1
B. Perumusan
Masalah ............................................................................ 1
C. Tujuan
Penulisan ................................................................................ 2
D. Manfaat
.............................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN .................................................................................. 3
A.
PTI
(Pengantar/Pengenalan Teknologi Informasi) ............................. 3
B.
Sistem Operasi Komputer
................................................................... 4
C.
Keamanan Komputer/Virus
................................................................ 5
D. Applikasi
MS Word ............................................................................ 8
E. Applikasi
MS Excel ............................................................................ 23
F. Internet
................................................................................................ 28
BAB
III PENUTUP
.......................................................................................... 31
A. Kesimpulan
......................................................................................... 31
B. Saran
................................................................................................... 31
DAFTAR
PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Teknologi
informasi adalah suatu elektronik yang telah di program dengan perintah dan
cara-cara tertentu untuk dapat di jalankan oleh komputer agar dapat
menghasilkan suatu keinginan yang telah diolah. Teknologi informasi merupakan langkah
awal untuk mencari informasi-informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat.
Komputer
adalah alat untuk mengolah data menjadi suatu informasi-informasi yang
bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkan, dengan bantuan program yang telah
diberikan kepadanya, serta informasi yang telah dikemas dengan baik sesuai
keinginan pengguna.
Pertama
kali komputer dikenal sebagai suatu alat hitung sejak 300 tahun SM oleh
bangsawan Yunani yang menggunakan ABACUS (sempoa) yang merupakan perkembangan
dari CALCULUS (batu).
Menurut
Blissmer “Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa
tugas yaitu menerima input (data), memproses input tadi sesuai dengan
programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari processing (penggolahan),
menyediakan output dalam bentuk informasi yang baik.”
B.
Rumusan Masalah
Bagaimana
mahasiswa pemula mampu menguasai serta mengoperasikan teknologi informasi dasar
?
C.
Tujuan
1. Tujuan
Umum
Mampu
menjalankan program-program komputer dengan baik.
2. Tujuan
Khusus
a.
Mahasiswa dapat menjelaskan
pengertian teknologi informasi.
b.
Mahasiswa dapat
memilih program yang sesuai dengan yang diinginkan.
c.
Mahasiswa dapat lebih
jauh menjalankan program-program dengan baik dan benar.
d.
Mahasiswa dapat membuat
tugas-tugas yang diberikan sesuai perintah atau petunjuk yang diberikan.
D.
Manfaat
1.
Bagi Institusi
Dapat memberikan
ilmu yang bermanfaat dalam dunia pendidikan, serta menambah sumber ilmu dan
pengetahuan bagi para pembaca.
2.
Bagi Mahasiswa
Menambah ilmu
pengetahuan serta menunjang keterampilan untuk mahasiswa pemula.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
PTI
(Pengantar/Pengenalan Teknologi Informasi)
Teknologi
informasi adalah suatu elektronik yang telah di program dengan perintah dan
cara-cara tertentu untuk dapat di jalankan oleh komputer agar dapat
menghasilkan suatu keinginan yang telah diolah. Teknologi informasi merupakan
langkah awal untuk mencari informasi-informasi yang diperlukan secara cepat dan
tepat yang digunakan dalam pembentukan
penyimpanan, dan penyebaran informasi.
Sistem Informasi adalah sistem yang menggunakan teknologi komputer untuk mencatat
(record), menyimpan (store), mengolah (process), mengambil
kembali (retrieve), mengirim (transmit), menerima (receive)mengumpulkan, memproses, menganalisis dan
menyebarkan informasi.
Informasi adalah sekumpulan fakta (data) yang diorganisir
dengan cara tertentu sehingga mereka mempunyai arti bagi si penerima. Sebagai
contoh, bila kita memasukkan nama-nama murid dengan nilai rata-rata, nama-nama
konsumen dengan saldo bank, jumlah gaji dengna jumlah jam bekerja, kita akan
mendapatkan informasi yang berguna. Dengan kata lain, informasi datang dari
data yang akan diproses.
Komputer
adalah alat untuk mengolah data menjadi suatu informasi-informasi yang
bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkan, dengan bantuan program yang telah
diberikan kepadanya, serta informasi yang telah dikemas dengan baik sesuai
keinginan pengguna.
B.
Sistem Operasi Komputer
Sistem
operasi komputer adalah perangkat untuk mengolah data menggunakan komputer,
sistem komputer terdiri atas elemen-elemen dasar berupa perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan manusia/perangkat cerdas (brainware).
1. Perangkat
kersa (hardware)
Perangkat
kersa (hardware) merupakan peralatan
dalam sistem operasi komputer yang secara fisik dapat dilihat ataupun disentuh.
Kompenen utama dari perangkat keras sistem operasi komputer yaitu:
a.
Unit masukan adalah
perangkat keras yang berfingsi untuk memasukan data atau perintah kedalam
komputer. Unit masukan itu terdiri atas alat masukan langsung dan alat masukan
tidak langsung, misalnya: keyboard,
mouse, scanner, disk, drive, touch screen, light pen, OCR, OMR, barcode reader,
sensor dan lain-lain.
b.
Unit pusat pengelola (Central Processing Unit) adalah otak
dari sistem komputer yang berguna untuk mengolah perintah program yang ada pada
komputer ukuran mikro.
c.
Unit keluaran adalah
perangkat keras komputer berguna untuk menampilakan atau mencetak
d.
Media penyimpanan
(memory) berfungsi untuk menyimpan data, informasi dan program pengolahan.
2. Perangkat
lunak (software)
Perangkat lunak
(software) merupakan serangkaian perintah dengan
aturan tertentu yang mengatur sistem operasi perangkat keras. Perangkat lunak
terdiri atas 3 bagian yaitu:
a.
Sistem Operasi (operating system) adalah perangkat lunak
yang digunakan untuk mengendalikan resources selama proses berlangsung. Fungsi
sistem operasi adalah mengatur memori dan pekerjaan. Contoh Operasi System
yaitu DOS, Unix, Novell, Windows.
b.
Bahasa Pemprograman
(Programming Language) adalah perangkat
lunak yang digunakan sebagaian alat untuk pengembangan program aplikasi.
c.
Bahasa Query (query language)
Bahasa Query (query language) merupakan perangkat
lunak yang digunakan untuk menampilkan informasi-informasi yang di inginkan
hanya dengan menulis sedikit perintah saja.
d.
Aplikasis (application)
Aplikasi
(application) merupakan perangkat lunak yang dikembangkan untuk digunakan pada
aplikasi tertentu. Misalnya: program aplikasi MYOB,Payroll. Adapun program
paket yaitu MS-Word, MS Excel, Lotus 125
3. Manusia/Perangkat
Cerdas (brainware).
Manusia/Perangkat
Cerdas (brainware) merupakan
persolan-personal yang terlibat dalam sistem komputer yaitu operato, programmer, system analyst, manajer
sistem operasi, manajer pada tingkat operasional, manajer pada tingkat
manajerial, teknisi, administator basis data.
Data adalah fakta-fakta mentah
atau deskripsi-deskripsi dasar dari hal, event, aktivitas, dan traksaksi yang
ditangkap, direkam, disimpan, diklasifikasikan, tetapi tidak diorganisasikan
untuk tujuan spesifik tertentu. Contoh data antara lain terdiri dari saldo
bank, atau jumlah jam pekerja yang bekerja dalam periode pembayaran.
C.
Keamanan Komputer/Virus
Keamanan
komputer/Virus adalah suatu program komputer yang dapat menggandakan dirinya
tanpa sepengetahuan pengguna, dimana virus dapat menampilkan suatu pesan
tertentu dan dapat merusak file system, paling banyak ditemukan pada file yang
berbentuk doc.
Virus komputer memiliki beberapa
kemampuan dasar yaitu:
1.
Kemampuan untuk memperbayak
diri
Kemampuan untuk
memperbanyak diri yaitu kemampuan virus untuk membuat duplikat dirinya pada file atau disk yang belum tertular, sehingga lama-kelamaan wilayah
penyebarannya semakin luas.
2.
Kemampuan untuk
menyembunyikan diri
Kemampuan untuk
menyembunyikan diri yaitu kemampuan virus untuk menyembunyikan dirinya dari
perhatian pengguna komputer dengan cara menghalangi keluaran ke layar selama
virus bekerja, sehingga pekerjaan virus tidak terlihat oleh pengguna.
3.
Kemampuan untuk
menggandakan manipulasi
4.
Kemampuan untuk
mendapatkan informasi
Kemampuan untuk
mendapatkan informasi tentang struktur media penyimpanan, misal letak boot record asli, letak tabel partisi,
letak FAT, posisi suatu file.
5.
Kemampuan untuk memeriksa
keberadaan dirinya
Macam-macam virus
komputer berdasarkan infeksi yang dilakukan yaitu:
1.
Virus boot sector
Virus boot sector adalah suatu virus yang
memanfaatkan gerbang hubungan antara komputer dan media penyimpanan sebagai
tempat untuk berkembangnya virus. Virus boot sector dibedakan menjadi dua yaitu
virus yang menyerang disk dan virus
yang menyerang disk dan tabel partisi.
2.
Virus file
3.
Virus file adalah suatu virus yang memanfaatkan suatu file yang diproses langsung pada DOS,
seperti file berekstensi COM, EXE.
Virus file dibedakan menjadi dua
yaitu virus file yang dapat tinggal
di memory dan virus file
yang tidak dapat tinggal di memory.
4.
Virus system
Virus system adalah suatu virus yang
memanfatkan file-file yang dipakai
untuk membuat suatu sistem komputer. Misalnya: file dengan sistem SYS (IBMBIO.COM).
5.
Virus hybrid
Virus hybrid adalah suatu virus yang mempunyai
dua kemampuan yaitu dapat masuk ke book dan
dapat masuk ke file.
6.
Virus registry windows
Virus registry windows adalah suatu virus yang
menginfeksi OS dan manipuilasi pada bagian registry
windows sebagai tempat menampung seluruh informasi komputer, baik hardware maupun software.
7.
Virus software applikasi
Virus software applikasi adalah suatu virus macro yang menginfeksi data pada software aplikasi tertentu.
Cara-cara efektif untuk menghindari
virus yaitu:
1.
Mengubah atribut software menjadi read only.
2.
Menghindari penggunaan
disket/flesdisk yang tidak yakin bebas virus
3.
Melakukan Write Prtotect
4.
Membuat sub-directory untuk software-software baru
5.
Scan
setiap disket/flesdisk yang akan digunakan
6.
Melakukan scan virus secara periodik pada harddisk
7.
Menginstal software resident pada komputer
8.
Menggunakan software anti virus terbaru
9.
Memeriksa registry windows
D.
Applikasi MS Word
Applikasi
MS Word adalah suatu progam untuk mengolah kata (word
processor) yang yang biasanya digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen
berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat undangan, membuat table
pada dokumen, dan masih banyak lagi dokumen-dokumen lain yang biasa dibuat
dengan menggunakan Microsoft Word.
Sebelum kita memulai mengoperasikan atau menjalankan Microsoft
Word, ada baik kita mengenal beberapa istilah yang akan dipakai dalam
menjalankan Microsoft Word. Di antaranya adalah istilah Screen Layout (tampilan
layar), Menu, dan Toolbar.
Screen Layout (tampilan layar),
sesuai dengan arti dari fungsi simbol yang ada, merupakan sebuah tampilan yang
ditunjukkan komputer saat mengoperasikan program. Untuk tampilan dalam
Microsoft Word, dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Ada
beberapa cara untuk memulai mengoperasikan Microsoft Wordn dengan mengklik
ganda pada icon shortcut yang telahy kita buat didesktop, atau kita dapat juga
menggunakan Start Menu untuk memulainya yaitu klik tombol Start, Pilih Menu
Programs, Klik Microsoft Word yang telah ada pada sub menu yang muncul pada
layar, atau klik tombol Start, Pilih menu New Office Document, Pilih Blank
Document terus klik OK.
Layar Utama Microsoft
Word
1. Titel
Bar yaitu berisi nama dokumen, nama program dan Size Buttons (Minimize,
Restore, Maximize dan close).
2. Menu
Bar yaitu berisi kumpulan perintah-perintah yang dikemas menurut fungsi atau
spesifikasi fasilitas yang disediakan Microsoft Word.
3. Toolbar
Standard yaitu berisi icon-icon yang memuat perintah-perintah dari Menu Bar
yang sering digunakan, misalnya: pembuatan dokumen baru, penyimpanan dokumen,
mencetak dokumen dan mengatur ukuran tampilan dari suatu dokumen pada layar.
4. Toolbar
Formating yaitu berisi icon-icon yang menurut perintah-perintah yang terdapat
pada menu Formatpada menu bar yang sering digunakan, misalnya: Font, Font Size,
dan Alignment.
5. Ruller
adalah fsilitas yang disediakan untuk pengaturan Margin, Indentasi dan
Tabulasi.
6. Scroll
Bar adalah perangkat yang berfungsi untuk menggulung layar secara vertikal
maupun horizontal.
1. Membuat
Dan Menyimpan Dokumen Kerja
1)
Langkah Detail Menjalankan Microsofr Word 2007
Cara 1 : Klik tombol Start > All program > Microsoft Office >Microsoft
Office Word 2007
Cara 2 : Klik tombol Start > Run > ketikkan “winword” > Enter.
Pengenalan Interface/Tampilan Microsoft
Word 2007.
Langkah Detailnya :
Pada
windows Microsoft Word 2007 yang muncul, terdapat beberapa tampilan sebagai
berikut (tunjukkan dengan mouse anda masing–masing komponen berikut) : Office Button, Quick Access Toolbar, Title
Bar, Tabmenu Ribbon, Ribbon, Status Bar, Horizontal Scroll Bar, Vertical Scroll
Bar, Document Area.
2) Mengaktifkan Menu-Menu Pada Microsoft Word 2007.
a.
Untuk
mengaktifkan Menu Home, coba anda klik tab Menu Home pada tab
menu atau tekan Alt+H, perhatikan ribbon menu yang tampil.
b.
Untuk mengaktifkan Menu Insert, coba anda klik Menu Insert pada
tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang
tampil.
c.
Untuk
mengaktifkan Menu Page Layout, coba anda klik tab Menu Page Layout pada
tab menu atau tekan Alt+P, perhatikan ribbon menu yang
tampil.
d.
Untuk
mengaktifkan Menu References, coba anda klik tab Menu References pada
tab menu atau tekan Alt+S, perhatikan ribbon menu yang
tampil.
e.
Untuk
mengaktifkan Menu Mailing, coba anda klik tab Menu Mailing pada tab menu
atau tekan Alt+M, perhatikan ribbon menu yang tampil.
f.
Untuk
mengaktifkan Menu Review, coba anda klik tab Menu Review pada tab menu
atau tekan Alt+R, perhatikan ribbon menu yang tampil.
g.
Untuk
mengaktifkan Menu View, coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau
tekan Alt+W, perhatikan ribbon menu yang tampil.
h.
Untuk
mengaktifkan Menu Design, coba anda klik tab Menu Design pada tab menu
atau tekan Alt+J kemudian tekan T, perhatikan
ribbon menu yang tampil.
i.
Untuk
mengaktifkan Menu Layout, coba anda klik tab Menu Layout pada tab
menu atau tekan Alt+J kemudian tekan L, perhatikan
ribbon menu yang tampil.
Tip : Jika mouse anda terdapat tombol scrollnya, maka anda dapat
berpindah dari satu menu ke menu lainnya dengan menggeser tombol scroll yang
ada pada mouse anda.
Tombol Scroll
3) Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft Word 2007.
a.
Klik
Office Buttom > New.
b.
Pada
Kotak Dialog yang muncul Pilih > Blank Document > klik tombol Create.
c.
Untuk
membuat dokumen baru dari Templates, pilih pada bagian kelompok Templates,
Klik Tombol Create.
d. Pada
windows yang muncul, letakkan kursor dimana anda akan mulai mengetik.
4) Menyimpan Dokumen Kerja.
a.
Setelah
teks selesai anda ketik, klik Office Button.
b.
Pilih Save
atau Save As (untuk menyimpan dengan nama yang beda dengan nama
sebelumnya).
c.
Pilih Word
Document.
a)
Pada
windows yang muncul, pilih folder Document, ketikkan nama filenya pada File
name “Tips Nama Cantik”. Pilih Word Document pada Save as type.
b)
Klik tombol Save.
1)
Menutup
Dokumen Kerja.
a.
Klik
Office Button > Close (Ctrl + W).
2.
Mencari Teks, Halaman,
Menggabungkan Dokumen Dan Menggunakan Format Kolom
1)
Mencari
(Find) dan Mengganti (Replace) Teks.
a.
Buka
kembali file “Tips Nama Cantik. Klik tab menu Home, sorot pada
bagian Editing pada ribbon. Kemudian klik icon Find (Ctrl+F).
b.
Pada kotak Find
and Replace, klik tab Find, pada Find what ketikkan “anda”,
klik tombol Find in pilih Main Document
c.
Kemudian, klik tab Replace.
d.
Pada Replace
width, ketikkan”Saudara”, kemudian klik Replace All. Jika
muncul peringatan klik Yes. Lihat perubahannya.
3.
Membuat Equation, Hyperlink,
Watermark Dan Mencetak Dokumen.
Menyisipkan Objek Equation.
Ketikkanlah persamaan
rumus di bawah ini.
Buat dokumen baru (ctrl +N). Klik tab menu Insert ,
klik icon menu Equation , pilih Insert New Equation.
1)
Ketikkan f(x)=
2)
Kemudian
klik icon menu Script kemudian pilih Subscript.
3)
Kemudian
klik di dalam kotak subscript.
4)
Ketikkan
a , terus letakkan kursor di kotak bawahnya, ketikkan 0.
5)
6)
Kemudian
lakukan pengetikan untuk simbol yang lainnya.( langkah kerjanya sama, sesuaikan
simbol dari pilihan yang ada dengan contoh latihan).
7)
Setelah
selesai coba anda lihat/klik untuk simbol yang lainya. Perhatikan simbol –
simbol yang ada.
8)
Close
dokumen anda dan simpan dengan nama “Equation”.
4. Membuat Tabel.
1)
Buatlah
dokumen baru (Ctrl+N).
2)
Kemudian
klik tab menu Insert, kemudian pilih Table.
3)
Pada menu
yang muncul klik Insert Table.
4)
Isikan pada
bagain Number of columns: 5 dan Number of rows: 11.
5)
Klik tombol OK.
6)
Kemudian
ketikkan isi tabelnya (gunakan tanda panah pada keyboard untuk berpindah ke
kanan–kiri atau atas–bawah cell).
5.
Membuat Dan Mencetak Mail Merge
Membuat Mail Merge.
1)
Sebelum
membuat Mail Merge, kita harus membuat dokumen Induk/dokumen utama. Buatlah
dokumen induk di bawah ini :
2)
Setelah
dokumen induk selesai simpan dengan nama “Formulir”. Kemudian klik tab
menu Mailings.
3)
Pada bagian
ribbon kelompok Start Mail Merge klik icon menu Start Mail Merge.
4)
Kemudian
pilih Step by Step Mail Merge Wizard.
5)
Pada kotak
dialog yang muncul, pilih Letters pada bagian Select document type. Kemudian
klik Next : Starting document.
6)
Pada step
yang selanjutnya, pilih Use the current document, klik Next.
7)
Pada Step
yang ketiga ini kita akan membuat sumber data (data source) untuk mail
merge.
Pilih Type
a new list kemudian klik teks Create. Kemudian klik Next : Write
your letter.
8)
Pada kotak
dialog yang muncul, judul dari kolom tidak sesuai dengan dokumen induk kita.
9)
Klik tombol
Customize Columns, kemudian pilih Field Name yang akan diganti,
klik tombol Rename.
10) Untuk
menghapus field yang tidak digunakan, pilih field yang akan dihapus, klik
tombol Delete, kemudian klik Yes. Lakukan untuk menghapus field
yang lain.
11) Kemudian
klik tombol OK, dan mulailah mengisikan datanya. Untuk menambah data
yang baru klik tombol New Entry.
12) Setelah semua data diinput, klik tombol OK.
13) Kemudian
tentukan tempat penyimpanan, dan ketikkan nama data sourcenya adalah 123.
Kemudian klik tombol Save.
14) Kemudian
klik Next : Write your letter. Pada kotak dialog yang muncul, letakkan
kursor di sebelah field nama, kemudian klik More Item, Pilih field Nama,
kemudian klik Insert. Lakukan untuk memasukkan field yang lainnya.
15) Klik tombol Next : Write your letter.
16) Pada
step yang ke 5 ini anda dapat melihat masing–masing isi datanya dengan mengklik
Preview your letter. Kemudian klik Write your letter.
Mencetak Mail Merge.
1.
Pada step yang ke 6 ini, klik icon
Print untuk mencetak mail merge yang kita buat atau Edit individual
letters untuk melihat hasil mail merge secara mendetail. Klik icon Print.
2.
Pada kotak dialog yang muncul,
pilih All untuk mencetak semua data mail merge kita. Klik OK.
3.
Kemudian atur setingan printer
pada kotak dialog Print.( Lihat materi mencetak dokumen). Klik tombol OK.
E.
Applikasi MS Excel
Applikasi
MS Excel 2007 adalah suatu program aplikasi pengolah angka yang sangat berguna
untuk mengolah data dengan format spreadsheet, dan analisis, serta sharing
informasi untuk meciptakan data informasi dalam pengambilan keputusan. Dengan
menggunakan Microsoft Excel dapat mengolah data yang cukup banyak, menggunakan
tampilan PivoTabel, membuat grafik secara profesional dan pengolahan angka yang
lainnya. Microsoft Office Excel 2007 telah dikombinasikan dengan Excel Service,
yaitu merupakan teknologi baru yang di sertakan dengan Microsoft Office
SharePoint Server 2007.
1) Menjalankan Microsoft Excel 2007
1.
Cara 1 : Klik tombol Start > All Program > Microsoft Office > Microsoft Office Excel 2007.
2.
Cara 2 : Klik tombol Start > Run > ketikkan “excel” > Enter.
2)
Pengenalan
Interface/Tampilan Microsoft Excel 2007
1.
Pada Windows Microsoft Excel
2007 yang muncul, terdapat beberapa tampilan sebagai berikut (tunjukkan dengan
mouse anda masing–masing komponen berikut) : Office Button, Quick Access Toolbar, Title Bar, Tabmenu Ribbon, Ribbon, Formula Bar, Status Bar, Horizontal
Scroll Bar, Vertical Scroll Bar.
Mengaktifkan Menu-Menu Pada Microsoft
Excel 2007
1.
Untuk mengaktifkan Menu Home,
coba anda klik tab Menu Home pada tab menu atau tekan Alt+H,
perhatikan ribbon menu yang tampil.
2.
Untuk mengaktifkan Menu
Insert, coba anda klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N,
perhatikan ribbon menu yang tampil.
3.
Untuk mengaktifkan Menu Page
Layout, coba anda klik tab Menu Page Layout pada tab menu atau tekan Alt+P,
perhatikan ribbon menu yang tampil.
4.
Untuk mengaktifkan Menu
Formulas, coba anda klik tab Menu Formulas pada tab menu atau tekan Alt+M,
perhatikan ribbon menu yang tampil.
5.
Untuk mengaktifkan Menu
Data, coba anda klik tab Menu Data pada tab menu atau tekan Alt+A,
perhatikan ribbon menu yang tampil.
6.
Untuk mengaktifkan Menu
Review, coba anda klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R,
perhatikan ribbon menu yang tampil.
7.
Untuk mengaktifkan
Menu View, coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W,
perhatikan ribbon menu yang tampil.
8.
Untuk mengaktifkan Menu
Developer, coba anda klik tab Menu Developer pada tab menu atau tekan Alt+L,
perhatikan ribbon menu yang tampil.
Menggunakan
rumus
Operator
hitung
+ : penjumlahan
- : pengurangan
* : perkalian
/ : pembagian
^ : pangkat
Fungsi
bantu statistik
1. Max
(Range) : mencari nilai terbesar dari suatu range
2. Min
(Range) : mencari nilai terkecil dari suatu range
3. Sum
(Range) : mencari jumlah dari isi data yang terdapat pada suatu
range
4. Average
(Range) : mencari
nilai rata-rata dari suatu range
5. Count
(Range) : mencari jumlah data yang terdapat pada suatu range
Fungsi
logika
Suatu
operasi logioka dapat melakukan penilaian apakah suatu pertanyaan benar atau
salah. Apabila anda ingin menggunakan operasi logika, biasanya diperlukan
adanya ekspresi atau pernyataan logioka menggunakan operator pembanding yaitu:
1. = : sama
dengan
2. < : lebih
kecil dari
3. > : lebih
besar dari
4. <= : lebih
kecil atau sama dengan
5. >= : lebih
besar atau sama dengan
6. <> : tidak
sama
Fungsi
logika IF yaitu If (elspresi logika, perintah 1, perintah 2)
Artinya jika
ekspresi logika benar, maka perintah 1 akan dijalankan tetapi jika salah, maka
perintah 2 yang akan dijalankan.
Fungsi
VLOOKUP dan HLOOKUP yaitu digunakan untuk pembaca
tabel. Bila tabel disusun secara vertikal gunakan fungsi VLOOKUP, sedangkan
untuk tabel yang disusun secara horizontal gunakan fungsi HLOOKUP.
VLOOKUP
( nilai kunci, range tabel, nomor indeks kolom)
HLOOKUP
(nilai kunci, range tabel, nomor indeks baris)
F.
Internet
Internet
adalah suatu gabungan jaringan komputer
terbesar atau terluas di dunia, banyak memiliki kumpulan jaringan-jaringan
yang menyediakan berbagai kemudahan untuk diakses oleh semua orang yang
memerlukannya dengan waktu yang singkat dan dari jarak jauh.
Internet
adalah media komunikasi alternatif yang dalam batas-batas pemakaian tertentu
dapat digunakan untuk menggantikan media komunikasi seperti pos, telegram,
telepon, fax.
Internet
adalah sebuah dunia maya yang jaringan komputernya yang terbentuk dari milyaran
komputer di seluruh dunia untuk menunjang penyimpanan data-data yang akan
diakses oleh semua orang di seluruh dunia.
Tiga fasilitas/aplikasi utama dari
Internet yaitu:
1. Electrinic
Mail/Email/Messaging
Electrinic Mail atau
surat elektronik adalah fasilitas yang peling sering digunakan di Internet yang dapt digunakan dengan
mudah oleh semua orang di seluruh dunia untuk membuat dan mengirimkan pesan
tertulis kepada seorang yang terdaftar di Internet.
2. Remote Login
Remote Login adalah
suatu fasilitas yang dapat mengakses program/aplikasi dari komputer lain.
3. File Transferred
File
Transferred adalah suatu fasilitas
untuk pengiriman file dari satu komputer ke komputer lain yang datanya bisa
berisi dokumen, grafik, program komputer, bahkan video maupun suara yang
terekam secara digital.
Manfaat internet yaitu:
1.
Informasi untuk
kehidupan pribadi antara lain kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan diri,
rohani, sosial.
2.
Informasi untuk
kehidupan profesional/pekerja antara lain sains, teknologi, saham, perdagangan,
kantor, sekolah, komuditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis,
berbagai forum komunitas.
Layanan
yang Disediakan oleh Internet antara
lain:
7.
Layanan
Komunikasi
a. e-mail
b. USENET Newsgroup(Forums)
c. LISTSERV
d. Chatting
e. Instant Messaging
f. Telnet
g. Internet Telephony
h. Internet Fax
i. Streaming Audio dan Video
j. Real-time Audio dan Video
8. World Wide Web
a. Browser
b. Offline Browser
c. Mesin Pencari (Search Engine)
d. Push Technology
e. Penyaring Informasi
f. Clipping Services
g. Personalized Web Service
h. Web Authoring
9. Tantangan-tantangan Internet
a. Teknologi-Teknologi Baru
b. Peraturan Internet
c. Ekspansi Internet
d. Internet Privacy
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari masalah
diatas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1.
Mahasiswa pemula telah
mampu menguasai komputer serta mengoperasikan teknologi informasi dasar.
2.
Dalam setiap
penyampaian materi kuliah komputer senantiasa mahasiswa sangat antusias untuk
mengikuti perkuliahan.
3.
Dengan sarana atau alat
yang menunjang perkuliahan komputer, maka penyampain materi kuliah komputer
dapat berjalan dengan baik.
B. Saran
1.
Bagi institusi
Di harapkan kampus
Universitas Respati Yogyakarta, fasilitas penunjang perkuliahan komputer
diperlengkap lagi.
2.
Bagi mahasiswa
Semua materi
yang telah disampaikan semua dosen telah dikuasai semua mahasiswa dan bisa
diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya berakhir saat mata
kuliah komputer selesai.
DAFTAR
PUSTAKA
Hidayat, Wahyu. 2000. Kamus Tehnologi Informasi. Surabaya:
Sarana Ilmu
Kadir, Abdul dan Terra
CH. Triwahyuni. 2005. Pengenalan
Teknologi Informasi. Yogyakarta : Andi
Sutanta, Edhy. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta:
Graha Ilmu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar